• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERBICARA MELALUI PAIKEM DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI PADA SISWA KELAS III SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-rhekaferna-9978-1-rhekafe-._1.pdf (8.148Mb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Fernandi Yurisko, Rheka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berbicara merupakan salah satu keterampilan utama yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Berbicara merupakan aspek penting yang harus diajarkan pada siswa. Hal ini dikarenakan berbicara merupakan jembatan bagi manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Keterampilan berbicara penting untuk diajarkan pada siswa karena sebagai makhluk sosial, siswa akan berkomunikasi dengan orang lain. Rendahnya hasil belajar berbicara siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember disebabkan oleh beberapa permasalahan yaitu: 1) cara mengajar guru yang terkesan teacher oriented, 2) penggunaan metode pembelajaran yang konvensional, 3) media pembelajaran yang kurang mendukung dan 4) pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang menunjukkan pembelajaran yang berupaya mengasah keterampilan berbicara siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pembelajaran dengan mengaplikasikan model PAIKEM dan menggunakan media kotak kartu misteri. Penggunaan model PAIKEM menjadikan pembelajaran lebih menarik namun tetap mengutamakan keaktifan siswa dalam partisipasi belajar. Penggunaan media kotak kartu misteri juga menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dengan adanya permainan dalam belajar. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model PAIKEM dengan media kotak kartu misteri dalam pembelajaran berbicara pada siswa kelas III SDN Sumbersaru 01 Jember dan bagaimana peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM dan media kotak kartu misteri. Berdasarkan rumusan masalah di atas, diperoleh tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PAIKEM dengan menggunakan media kotak kartu misteri dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember setelah menggunakan model PAIKEM dan media kotak kartu misteri dalam pembelajaran berbicara. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III A SDN Sumbersari 01 Jember yang berjumlah 51 siswa dengan 27 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai 16 April 2012 sampai dengan 30 April 2012. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan PAIKEM dengan media kotak kartu misteri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Namun, sebelum guru memberikan contoh bagaimana cara bercerita, sebagian besar siswa masih terlihat bingung bagaimana cara bercerita yang baik dan benar. Setelah guru memberikan contoh cara bercerita yang baik, maka siswa dapat bercerita sesuai dengan cerita yang mereka sampaikan. Selain itu, hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa selama prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan hasil belajar berbicara siswa terbukti dari persentase hasil belajar siswa siklus 1 sebesar 69,31% yang tergolong cukup baik meningkat sebesar 4,42% menjadi 73,73% setelah dilakukan pembelajaran siklus 2. Ketuntasan belajar secara klasikal juga meningkat yaitu dari 74,5% siswa tuntas di siklus 1 meningkat menjadi 84% dalam pembelajaran siklus 2. Saran yang muncul dalam penelitian ini yaitu hendaknya guru selektif memilih model atau metode belajar agar pembelajaran yang dilakukan mampu menjadi pembelajaran yang efektif. Selain itu, hendaknya guru menerapkan model pembelajaran PAIKEM dan media kotak kartu misteri dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbahasa lainnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19874
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository