Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Zainul Khofiuddin
dc.date.accessioned2014-01-21T06:32:21Z
dc.date.available2014-01-21T06:32:21Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM060210193134
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19870
dc.description.abstractSalah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah masalah pendidikan. Kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia sangat rendah jika dibandingkan dengan Negara-negara lain seperti Negara-negara di Eropa (Nurhadi & Senduk, 2003:V). Hal itu dapat diketahui berdasarkan Human Development Report dari UNDP, Human Development Index (HDI) Indonesia tahun 2009 menempati peringkat 111, lima peringkat di atas Vietnam, dan enem peringkat dibawah Philipina. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah telah melakukan berbagai cara termasuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, salah satunya adalah pembenahan pada kurikulum. Saat ini kurikulum yang banyak diterapkan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dibangun dengan strategi pembelajaran kooperatif dimungkinkan mampu menjawab tantangan tersebut, yaitu mampu meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Mind Mapping. Mind Mapping merupakan suatu teknik visual yang dapat menyelaraskan proses belajar dengan cara kerja alami otak. Sistem ini sebenarnya bukanlah hal yang baru Sistem ini telah digunakan bertahun-tahun dalam dunia pembelajaran. Sistem ini telah ditemukan dan dipopulerkan oleh Dr. Tony Buzzan di awal tahun 1970, artinya sistem ini telah teruji sekian puluh tahun (Alamsyah, 2009:20). Penerapkan strategi Mind Mapping pada proses pembelajaran diharapkan akan meningkatkan daya pikir peserta didik menjadi lebih baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210193134;
dc.subjectSTRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPINGen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPINGTERHADAP PERBEDAAN KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA SMAN 2 JEMBER PADA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN GENDERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record