• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPINGTERHADAP PERBEDAAN KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA SMAN 2 JEMBER PADA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN GENDER

    Thumbnail
    View/Open
    kip (100)X_1.pdf (580.2Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Ahmad Zainul Khofiuddin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah masalah pendidikan. Kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia sangat rendah jika dibandingkan dengan Negara-negara lain seperti Negara-negara di Eropa (Nurhadi & Senduk, 2003:V). Hal itu dapat diketahui berdasarkan Human Development Report dari UNDP, Human Development Index (HDI) Indonesia tahun 2009 menempati peringkat 111, lima peringkat di atas Vietnam, dan enem peringkat dibawah Philipina. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah telah melakukan berbagai cara termasuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, salah satunya adalah pembenahan pada kurikulum. Saat ini kurikulum yang banyak diterapkan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dibangun dengan strategi pembelajaran kooperatif dimungkinkan mampu menjawab tantangan tersebut, yaitu mampu meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Mind Mapping. Mind Mapping merupakan suatu teknik visual yang dapat menyelaraskan proses belajar dengan cara kerja alami otak. Sistem ini sebenarnya bukanlah hal yang baru Sistem ini telah digunakan bertahun-tahun dalam dunia pembelajaran. Sistem ini telah ditemukan dan dipopulerkan oleh Dr. Tony Buzzan di awal tahun 1970, artinya sistem ini telah teruji sekian puluh tahun (Alamsyah, 2009:20). Penerapkan strategi Mind Mapping pada proses pembelajaran diharapkan akan meningkatkan daya pikir peserta didik menjadi lebih baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19870
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3452]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository