Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Wahyuni, Rezkie
dc.date.accessioned2014-01-21T06:21:26Z
dc.date.available2014-01-21T06:21:26Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210101086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19849
dc.description.abstractSalah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dalam menyongsong era globalisasi adalah pengembangan pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (bilingual) di SMP sejak tahun pelajaran 2004/2005. Hal ini sesuai dengan undang-undang tentang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 50 ayat 3. Kegiatan belajar mengajar pada sekolah bertaraf internasional menggunakan bilingual, yaitu menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran. Pelaksanaan program pembelajaran bilingual ini membutuhkan ketersediaaan faktor pendukung pembelajaran salah satunya adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Namun pembelajaran di beberapa SMP yang menerapkan pembelajaran bilingual masih menggunakan LKS yang berbahasa Indonesia saja. LKS hanya merupakan buku rangkuman materi pelajaran yang disertai dengan kumpulan soal, terutama soal-soal pilihan ganda. Selain itu, dalam pembelajaran matematika di Indonesia dewasa ini, masalah pokok yang dihadapi adalah masih rendahnya daya serap peserta didik yang berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini disebabkan siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata yang berhubungan dengan konsep yang dimiliki, sehingga diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang langsung mengaitkan materi konteks pelajaran dengan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan pembelajaran tersebut adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Oleh karena itu diperlukan pengembangan LKS bilingual pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan segiempat kelas VII semester genap. Tujuan penelitian adalah mengetahui proses pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bilingual pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan mengetahui hasil pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bilingual pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Four-D Model) yang terdiri atas empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran untuk menentukan kebutuhan- kebutuhan awal dalam suatu pembelajaran, seperti karakteristik berpikir dan pengalaman belajar siswa, materi atau konsep-konsep yang akan diajarkan, serta kegiatan atau tugas-tugas belajar yang akan diberikan. Pada tahap perancangan dilakukan pemilihan media dan format pembelajaran dalam LKS, serta perancangan prototipe LKS. Proses ini menghasilkan LKS yang disebut draf 1. LKS memuat materi segiempat yang terdiri atas enam sub bab yaitu persegi panjang, persegi, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang, dan trapesium. Tahap selanjutnya adalah pengembangan. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi dan uji coba LKS. Penilaian dan validasi dilakukan oleh tiga orang dosen Pendidikan Matematika dan satu orang guru bidang studi matematika. Uji coba LKS dilakukan di tiga sekolah yaitu SMP 3 Jember, SMP 1 Jember, dan SMP 1 Bondowoso. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKS memiliki kategori kevalidan sangat baik dengan rata-rata nilai kevalidan adalah 0,87. Dengan tercapainya kevalidan tersebut maka LKS dapat dikatakan valid dan layak diujicobakan tanpa validasi kembali. Hasil uji coba LKS menunjukkan bahwa LKS memenuhi kriteria kepraktisan kategori baik dengan persentase penilaian pada angket respon siswa terhadap LKS adalah 77,03%. Dengan demikian, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bilingual pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan segiempat layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101086;
dc.subjectLKS Bilingual, Pendekatan Kontekstualen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BILINGUAL PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP SEMESTER GENAPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record