Show simple item record

dc.contributor.authorA’in Antikasari
dc.date.accessioned2014-01-21T06:06:29Z
dc.date.available2014-01-21T06:06:29Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210274017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19821
dc.description.abstractKenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek menulis kurang mendapatkan perhatian. Guru dan siswa lebih memfokuskan kegiatan pelajaran pada materi-materi yang mengarah pada keberhasilan pencapaian nilai Ujian Nasional. Pembelajaran menulis teks pidato pun masih dilaksanakan dengan menggunakan cara konvensional, yang dapat menghambat siswa untuk belajar secara aktif - kreatif dan hasil belajar pun menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah: Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kemuning Lor 02 pada Kelas VI yang terdiri dari 24 siswa, 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari hasil observasi. Analisis diskriptif kuantitatif digunakan untuk mengolah data yang dihasilkan tes. Pengambilan data dilakukan tanggal 24 Januari 2011 sampai 30 April 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Kemuning Lor 02 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa prosentase aktifitas siswa selama pembelajaran keterampilan menulis teks pidato melalui self assessment adalah: pada siklus 1 prosentase aktifitas siswa dengan kriteria baik 18% dan cukup sebesar 63%; siklus 2 kriteria baik 31% dan cukup sebesar 68%. Dari hasil tes yang dilakukan siswa, terjadi peningkatan rata-rata keterampilan menulis teks pidato dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 12%, yakni dari 70, 38 ke 75,4. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa prosentaseen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274017;
dc.subjectKeterampilan Menulis Teks Pidato, Self Assessmenten_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO MELALUI SELF ASSESSMENT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEMUNING LOR 02en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record