• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO MELALUI SELF ASSESSMENT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEMUNING LOR 02

    Thumbnail
    View/Open
    kip (110)X_1.pdf (296.5Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    A’in Antikasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek menulis kurang mendapatkan perhatian. Guru dan siswa lebih memfokuskan kegiatan pelajaran pada materi-materi yang mengarah pada keberhasilan pencapaian nilai Ujian Nasional. Pembelajaran menulis teks pidato pun masih dilaksanakan dengan menggunakan cara konvensional, yang dapat menghambat siswa untuk belajar secara aktif - kreatif dan hasil belajar pun menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah: Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kemuning Lor 02 pada Kelas VI yang terdiri dari 24 siswa, 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari hasil observasi. Analisis diskriptif kuantitatif digunakan untuk mengolah data yang dihasilkan tes. Pengambilan data dilakukan tanggal 24 Januari 2011 sampai 30 April 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Kemuning Lor 02 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa prosentase aktifitas siswa selama pembelajaran keterampilan menulis teks pidato melalui self assessment adalah: pada siklus 1 prosentase aktifitas siswa dengan kriteria baik 18% dan cukup sebesar 63%; siklus 2 kriteria baik 31% dan cukup sebesar 68%. Dari hasil tes yang dilakukan siswa, terjadi peningkatan rata-rata keterampilan menulis teks pidato dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 12%, yakni dari 70, 38 ke 75,4. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa prosentase
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19821
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3427]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository