PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS V SDN MUMBULSARI 01 JEMBER
Abstract
Pembelajaran matematika di SD pada umumnya masih menggunakan
metode pembelajaran konvensional dan alat peraga/media jarang sekali
digunakan, sehingga pemahaman terhadap konsep matematika sulit dipahami.
Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Mumbulsari 01 Jember, terdapat
permasalahan yang dihadapi oleh siswa yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah matematika pada operasi hitung bilangan pecahan, terutama
yang diberikan dalam bentuk soal cerita.
Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
matematika, khususnya pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan
adalah melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan media kotak
kartu misteri (kokami). Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pendekatan
pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata untuk mengajak siswa
berpikir kritis, mempunyai keterampilan memecahkan masalah dunia nyata yang
berkaitan dengan materi yang akan diajarkan dan berperan serta dengan anggota
kelompok lainnya dalam mendiskusikan masalah. Kokami adalah salah satu jenis
media yang dikombinasikan dengan permainan bahasa untuk menanamkan
pengetahuan kepada siswa dengan menarik dan berbekas juga berfungsi untuk
merangsang minat dan perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan pembelajaran, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa
setelah proses pembelajaran berbasis masalah dengan media kokami.