Show simple item record

dc.contributor.authorAdil Frantoso
dc.date.accessioned2014-01-21T05:24:22Z
dc.date.available2014-01-21T05:24:22Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210301115
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19698
dc.description.abstractPengelolaan kelas adalah ketrampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Gangguan dalam proses pembelajaran dapat terjadi akibat kurangnya semangat/ motivasi belajar siswa misalnya banyak siswa mengobrol, mengantuk, enggan mengerjakan tugas, kurang perhatian terhadap materi pelajaran yang sedang dibahas dan mengganggu siswa lain. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan pengelolaan kelas menggunakan pendekatan kelompok dan bervariasi di MAN Jember 1 sub pokok bahasan perdagangan internasional semester genap tahun ajaran 2010/2011. Adanya permasalahan di atas maka perlu adanya penanganann khusus, yaitu dengan cara mengelola kelas dengan pendekatan kelompok dan bervariasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sacara kolaboratif dengan guru ekonomi MAN Jember I. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran guru. Penelitian ini dilakukan di MAN Jember I dengan populasi siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 20 siswi dan 13 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, test,en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301115;
dc.subjectPENGELOLAAN KELASen_US
dc.titlePENERAPAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN PENDEKATAN KELOMPOK DAN BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MAN JEMBER 1 (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X1 IPS 2 Sub Pokok Bahasan Perdagangan Internasional Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011).en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record