PENERAPAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN PENDEKATAN KELOMPOK DAN BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MAN JEMBER 1 (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X1 IPS 2 Sub Pokok Bahasan Perdagangan Internasional Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011).
Abstract
Pengelolaan kelas adalah ketrampilan guru untuk menciptakan dan memelihara
kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam
proses belajar mengajar. Gangguan dalam proses pembelajaran dapat terjadi akibat
kurangnya semangat/ motivasi belajar siswa misalnya banyak siswa mengobrol,
mengantuk, enggan mengerjakan tugas, kurang perhatian terhadap materi pelajaran
yang sedang dibahas dan mengganggu siswa lain. Masalah yang dikaji dalam
penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
dengan adanya penerapan pengelolaan kelas menggunakan pendekatan kelompok dan
bervariasi di MAN Jember 1 sub pokok bahasan perdagangan internasional semester
genap tahun ajaran 2010/2011.
Adanya permasalahan di atas maka perlu adanya penanganann khusus, yaitu
dengan cara mengelola kelas dengan pendekatan kelompok dan bervariasi untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sacara kolaboratif
dengan guru ekonomi MAN Jember I. Tujuan penelitian ini adalah untuk
memperbaiki pembelajaran guru. Penelitian ini dilakukan di MAN Jember I dengan
populasi siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 yang berjumlah 33 siswa yang terdiri
dari 20 siswi dan 13 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, test,