STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN DOUBLE TRACK KERETA API PENUMPANG PADA JALUR SEMARANG – TEGAL DITINJAU DARI ASPEK EKONOMI
Abstract
Jalur kereta api Semarang-Tegal merupakan jalur kereta api dengan kapasitas
lintas yang tinggi, kapasitas lintas yang tinggi diukur dari jumlah rangkaian kereta
yang melewati jalur ini mencapai jumlah lebih dari 59 rangkaian kereta yang
direncanakan. Kepadatan jalur ini mencapai 100 rangkaian kereta. Alternatif yang
dapat dilakukan adalah pembangunan Double Track yang diharapkan mampu
mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan
pembangunan Double Track ditinjau dari aspek ekonomi. Hasil penelitian
diharapkan dapat memberikan solusi pemecahan mengenai masalah kepadatan
angkutan kereta api saat ini.
Metode yang digunakan adalah menganalisis pertumbuhan penumpang
menggunakan metode eksponensial, regresi linear dan trend semi average sehingga
didapatkan persentase pertumbuhan volume penumpang. Data yang digunakan
adalah volume penumpang pada tahun 1998 hingga tahun 2006. Analisa data
eksisting menggunakan perhitungan kapasitas lintas dan daya angkut lintas. Dasar
perhitungan daya angkut lintas adalah seluruh kereta api yang melewati jalur
Semarang-Tegal pada tahun 2006. perencanaan konstruksi mengacu pada proyek
pembangunan double track pada jalur Tegal-Pekalongan.
Analisa biaya investasi mengacu pada analisa pekerjaan jalan rel dan
jembatan tahun 2007 dan daftar harga satuan dan analisa untuk program semester
I/II tahun 2007 yang dikeluarkan oleh PT. KAI DAOP IV Semarang.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4149]