Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Puji Lestari
dc.date.accessioned2014-01-21T03:06:02Z
dc.date.available2014-01-21T03:06:02Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210274092
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19398
dc.description.abstractUntuk memperoleh hasil pengajaran yang sebaik-baiknya dalam proses belajar mengajar guru harus selalu berusaha membangkitkan aktifitas para murid sehingga seluruh perhatian mereka tertuju dan terpusat kepada bahan pelajaran yang sedang diajarkan. Guru harus menyadari bahwa tidak setiap bahan pelajaran menarik perhatian murid sebagaimana juga tidak setiap murid menaruh perhatian terhadap bahan pelajaran yang sama karena itu mutlak diperlukan kecakapan guru untuk dapat memberikan motivasi membangkitkan aktifitas dan perhatian murid terhadap bahan pelajaran yang sedang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui proses belajar mengajar melalui media kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam media kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangaran 01 pada siswa kelas V yang terdiri dari 40 siswa, 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Peneliti ini dilakukan mulai tanggal 28 Maret 2011 samapi 09 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Mangaran 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari observasi diketahui bahwa presentase aktivitas siswa selama pembelajaran media kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya adalah : siklus I sebesar 55% dan pada siklus II menjadi 85% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui media kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat memudahkan siswa dalam memahami suatu materi pelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274092;
dc.subjectUpaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui media kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya.en_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA PADA SISWA KELAS V SDN MANGARAN 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record