UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA PADA SISWA KELAS V SDN MANGARAN 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Untuk memperoleh hasil pengajaran yang sebaik-baiknya dalam proses
belajar mengajar guru harus selalu berusaha membangkitkan aktifitas para murid
sehingga seluruh perhatian mereka tertuju dan terpusat kepada bahan pelajaran yang
sedang diajarkan. Guru harus menyadari bahwa tidak setiap bahan pelajaran menarik
perhatian murid sebagaimana juga tidak setiap murid menaruh perhatian terhadap
bahan pelajaran yang sama karena itu mutlak diperlukan kecakapan guru untuk dapat
memberikan motivasi membangkitkan aktifitas dan perhatian murid terhadap bahan
pelajaran yang sedang diajarkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui proses belajar
mengajar melalui media kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta
dampaknya (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam media kartu bergambar
pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangaran 01 pada siswa kelas V yang
terdiri dari 40 siswa, 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan
kelas yang terdiri dari 2 siklus. Peneliti ini dilakukan mulai tanggal 28 Maret 2011
samapi 09 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Mangaran 01
Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa,
aktivitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari observasi diketahui bahwa presentase aktivitas siswa selama pembelajaran media kartu
bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya adalah : siklus I
sebesar 55% dan pada siklus II menjadi 85% .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
dan hasil belajar pada materi upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui media
kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya dapat
menciptakan pembelajaran yang aktif dan memotifasi siswa untuk meningkatkan
hasil belajar serta dapat memudahkan siswa dalam memahami suatu materi pelajaran.