• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA PADA SISWA KELAS V SDN MANGARAN 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    AB (35)-_1.pdf (387.1Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Dwi Puji Lestari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Untuk memperoleh hasil pengajaran yang sebaik-baiknya dalam proses belajar mengajar guru harus selalu berusaha membangkitkan aktifitas para murid sehingga seluruh perhatian mereka tertuju dan terpusat kepada bahan pelajaran yang sedang diajarkan. Guru harus menyadari bahwa tidak setiap bahan pelajaran menarik perhatian murid sebagaimana juga tidak setiap murid menaruh perhatian terhadap bahan pelajaran yang sama karena itu mutlak diperlukan kecakapan guru untuk dapat memberikan motivasi membangkitkan aktifitas dan perhatian murid terhadap bahan pelajaran yang sedang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui proses belajar mengajar melalui media kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam media kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangaran 01 pada siswa kelas V yang terdiri dari 40 siswa, 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Peneliti ini dilakukan mulai tanggal 28 Maret 2011 samapi 09 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Mangaran 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari observasi diketahui bahwa presentase aktivitas siswa selama pembelajaran media kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya adalah : siklus I sebesar 55% dan pada siklus II menjadi 85% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui media kartu bergambar pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat memudahkan siswa dalam memahami suatu materi pelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19398
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository