ANALISA PENENTUAN AKSES JALAN MASUK DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS JEMBER MENGGUNAKAN METODE PEMBEBANAN LALU LINTAS
Abstract
BSTRAK
Pintu utama (Main Entrance) sebagai identitas kampus UNEJ yang kurang terlihat
merupakan salah satu kekurangan yang ditimbulkan dari aksesibilitas kampus UNEJ.
Penelitian yang sebelumnya dilakukan oleh Hidayah (2006) dengan analisis decision
support system dari tiga pola sirkulasi yang disebutkan Master Plan UNEJ 2005-2015
menunjukkan bahwa alternatif ke dua (tiga akses masuk) merupakan pilihan masyarakat
kampus. Bertolak dari alasan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan menganalisis
secara teknis terhadap pola sirkulasi di kampus UNEJ. Analisis teknis yang dilakukan
adalah dengan pembebanan lalu lintas terhadap jaringan jalan di lingkungan kampus
UNEJ untuk setiap pola sirkulasi dengan model transportasi empat tahap (Trip Attraction,
Trip Distibution, Moda Split, dan Trip Assignment), sedangkan metode Analogi tanpa
batasan menjadi pilihan untuk menganalisis model sebaran pergerakan. Dengan bantuan
CONTRAM, dilakukan analisa ketiga alternatif dengan melihat indikator teori
pembebanan dari output yang dihasilkan. Alternatif kedua menjadi pilihan ideal bagi
aksesibilitas kampus UNEJ ditunjukkan dengan angka V/C ratio yang paling rendah
dari ketiga pilihan 0,083 dan jumlah kendaraan yang berputar di dalam kampus
selama satu jam 394 kend/jam.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]