PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK POKOK BAHASAN PERBANDINGAN PADA KELAS V SDN SUMBEREJO 04 KABUPATEN JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1) pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi kelompok
dengan materi perbandingan pada siswa kelas V SDN Sumberejo 04
tahun pelajaran 2010/2011 berjalan dengan baik dan siswa terlihat antusias
mengikuti pembelajaran. Siswa dapat menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan.
2) Hasil belajar secara klasikal siswa kelas V SDN Sumberejo 04 Ambulu
tahun ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran dengan metode
diskusi kelompok berdasarkan hasil tes formatif pada siklus I sebesar
72,00 % dan pada siklus II sebesar 87,2%. Data ini menunjukkan bahwa
adanya peningkatan hasil belajar dan pemahaman siswa tentang materi
tersebut. Besar peningkatan yang diperoleh dari pra siklus ke siklus I
adalah 18 % dan dari siklus I ke siklus II adalah 23,6 %.