KEMAMPUAN MAHASISWA PPL BIOLOGI TAHUN AJARAN 2011/2012 DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS DI SMA KABUPATEN JEMBER
Abstract
Mengelola pembelajaran Biologi dari segi materi merupakan salah satu
kajian keilmuan sains. Mengetahui cara pandang tentang sains merupakan faktor
penting yang menentukan arah pembelajaran sains oleh karena itu guru biologi
harus memahami hakikat sains itu sendiri. Pembelajaran sains sesungguhnya
mempunyai kekuatan untuk membangun kemampuan berfikir siswa (Liliasari,
2005). Kemampuan merumuskan pertanyaan, berpikir analitis, sintesis, kritis dan
pemecahan masalah dapat dikembangkan melalui kegiatan inkuiri sains. Inkuiri
adalah bahasa Inggris yang di dalam bahasa Indonesia berarti “ pertanyaan” atau
“penelitian” (dalam Sahroni, 1986). Siswa membentuk kembali struktur
konseptualnya sehingga sesuai dengan peristiwa yang diamati. Berdasarkan
observasi calon guru atau mahasiswa PPL Biologi periode semester genap tahun
ajaran 2011/2012 masih belum menerapkan metode inkuiri dan cenderung
mengandalkan metode konvensional yang terkesan memberikan ceramah pada
siswa sehingga siswa tidak dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan calon guru Biologi dalam merancang pembelajaran sains, mengetahui kemampuan calon guru Biologi dalam melaksanakan pembelajaran dan mengetahui kemampuan calon guru biologi dalam penerapan pembelajaran sains di SMA Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, yang akan mendeskripsikan status keadaan sekarang dari subjek yang diteliti. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptis eksploratis yang menggunakan metode survei untuk menggali data berupa kualitas rancangan pembelajaran sains dan pelaksanaan pembelajaran sains berdasarkan indikator-indikator penelitian yang telah dibuat oleh peneliti berdasarkan sumbernya.
Berdsarkan hasil penelitian kemampuan calon guru Biologi dalam
merancang pembelajaran berdasarkan hasil instrumen penilaian sudah baik hal ini
nampak pada hasil analisis pada instrumen penilaian RPP dari UPPL. Pada
kemampuan calon guru Biologi dalam merancang pembelajaran sains masih
kurang. Dari instrumen pembelajaran sains 65% kurang mengintegrasikan prinsip
kerja ilmiah dan 40% dari calon guru kurang mengintegrasikan keterampilan
dasar laboratorium. Pada pelaksanaan pembelajaran kemampuan calon guru dalam
pelaksanaan pembelajaran cukup baik berdasarkan hasil analisis pada instrumen
penilaian pelaksanaan pembelajaran dari UPPL tetapi pelaksanaan pembelajaran
sains calon guru Biologi masih kurang baik dalam menerapkan pembelajaran
sains.
Pada instrumen pelaksanaan pembelajaran sains sebanyak 40% calon guru keterampilan berpikir saja tanpa mengembangkan keterampilan proses sains siswa , 45% calon guru tidak mengembangkan kemampuan merumuskan pertanyaan, berpikir analitis, sintesis dan kritis. Pada penelitian menggunakan videograf alokasi waktu yang digunakan calon guru masih kurang teratur pada proses membuka pelajaran, kegiatan inti dan penutp.
Kemampuan calon guru Biologi dalam merancang pembelajaran
berdasarkan hasil instrumen penilaian sudah baik hal ini nampak pada hasil
analisis pada instrumen penilaian RPP dari UPPL. Kemampuan calon guru
Biologi dalam merancang pembelajaran sains masih kurang berdasarkan hasil
centangan pada instrumen pembelajaran sains. Kemampuan calon guru Biologi
dalam pelaksanaan pembelajaran cukup baik berdasarkan hasil analisis pada
instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran dari UPPL. Kemampuan calon
guru Biologi dalam pelaksanaan pembelajaran berbanding terbalik dengan
kemampuan calon guru Biologi dalam menerapkan pembelajaran sains masih
kurang. Sains sebagai ilmu terdiri dari produk dan proses. Produk sains terdiri atas
fakta, konsep, prinsip, teori, hukum, dan postulat. Semua itu merupakan produk
yang diperoleh melalui serangkaian proses penemuan ilmiah melalui metode
ilmiah yang didasari oleh sikap ilmiah yang seharusnya diterapkan dalam
pembelajaran sains dengan materi dan kondisi yang mendukung.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]