PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN OBAT GENERIK PADA PT.INDOFARMA GLOBAL MEDIKA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh personal selling
terhadap volume penjualan obat generik. Penelitian ini dilakukan di PT.Indofarma
Global Medika Cabang Surabaya. Penelitian ini meggunakan populasi yang
berjumlah 40 orang yaitu seluruh karyawan PT.Indofarma bagian Salesman. Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan metode sensus dalam menentukan jumlah
responden. Sensus adalah melakukan pendataan (pengumpulan data) seluruh
populasi.
Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan volume penjulan diperngaruhi
oleh personal selling yaitu dengan nilai F Hitung > F tabel atau 60,180 > 2,45. Dari
keseluruhan indikator personal selling yang dimasukkan dalam penelitian ini juga
menemukan bahwa indikator komunikasi dan penjualan paling berpengaruh terhadap volume
penjualan dimana T hitung > T table atau 3,193 > 1,684. Hal ini menunjukkan bahwa
komunikasi sangat penting dalam memasarkan sebuah produk sehingga produk dapat
diterima dengan baik.
Berdasarkan hasil perhitungan analasis Regresi Linear Berganda
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara personal selling
dengan volume penjualan obat generik pada PT.Indofarma Global Medika Surabaya.