• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Melalui Metode Learning Together Dengan Media Card Sort Pada Siswa Kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (44)a_1.pdf (628.3Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Dimas Prasetia Siwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki lingkungan sekitar. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember setelah penerapan metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort. Tujuan penelitian ini meliputi dua hal yaitu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS pokok bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media Card Sort pada siswa kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/ 2011. Penelitian ini dilakukan melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kertosari 01 Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 23 April 2011 sampai tanggal 4 Juni 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 12 lakilaki dan 24 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember selama proses pembelajaran melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort yaitu sebesar 21,76%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 63,19 % dan 84,95 % yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari Jember selama proses pembelajaran melaui metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Learning together dengan card sort dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember tahun pelajaran 2010/2011. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian, bila penerapan metode pembelajaran Learning together dengan media card sort diterapkan dalam pembelajaran IPS, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang diberikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. Bagi guru, hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran. Untuk peneliti lainnya perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut tentang metode pembelajaran Learning together dengan media card sort serta mengkombinasikan dengan metode mengajar lain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19127
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository