Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Melalui Metode Learning Together Dengan Media Card Sort Pada Siswa Kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/2011
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember
disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di
sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali
digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di
lingkungan siswa. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan
juga berakibat pada kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan proses
untuk menyelidiki lingkungan sekitar. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu
bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN
Kertosari 01 Jember setelah penerapan metode pembelajaran Learning Together
dengan media card sort.
Tujuan penelitian ini meliputi dua hal yaitu meningkatkan aktivitas belajar
dan hasil belajar IPS pokok bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan
Transportasi melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media Card
Sort pada siswa kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/
2011. Penelitian ini dilakukan melalui metode pembelajaran Learning Together
dengan media card sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa
Kelas IV SDN Kertosari 01 Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam
penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 23 April 2011 sampai tanggal 4 Juni 2011. Subyek
penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 12 lakilaki
dan 24 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas
Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember
selama proses pembelajaran melalui metode pembelajaran Learning Together dengan
media card sort yaitu sebesar 21,76%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal
pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 63,19 % dan 84,95 % yang termasuk dalam
kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari
Jember selama proses pembelajaran melaui metode pembelajaran Learning Together
dengan media card sort sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar
sebelum tindakan
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Learning together
dengan card sort dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV
SDN Kertosari 01 Jember tahun pelajaran 2010/2011. Saran yang dapat diberikan
dari hasil penelitian, bila penerapan metode pembelajaran Learning together dengan
media card sort diterapkan dalam pembelajaran IPS, maka guru hendaknya lebih
memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang diberikan agar
kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. Bagi guru, hendaknya lebih aktif
dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak
kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran. Untuk peneliti
lainnya perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut tentang metode pembelajaran
Learning together dengan media card sort serta mengkombinasikan dengan metode
mengajar lain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal.