• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL (VIRTUAL LABORATORY) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP/MTs

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (6)a_1.pdf (1.540Mb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Fitriya. S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran telah dileng kapi dengan buku fisika yang didalamnya terdapat petujuk praktikum. Namun, dalam proses kegiatan pembelajaran jarang dilaksanakan praktikum dikarenakan alat yang dimiliki oleh sekolah terbatas. Praktikum bisa dilaksanakan dengan cara melakukan praktikum secara virtual, yaitu pemanfaatan suatu laboratorium untuk mewujudkan konsep yang abstrak ke dalam visualisasi dengan bantuan teknologi komputer. Guru fisika di SMP Plus Darus Sholah ini pernah melakukan kegiatan laboratorium virtiual. Namun, kegiatan ini dirasa kurang efektif dan efisien karena tidak adanya petunjuk tertulis untuk melakukan kegiatan laboratorium virtual dalam buku fisika yang digunakan oleh siswa. Sehingga, siswa kesulitan dalam melakukan kegiatan laboratorium virtual. Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan di atas dengan melakukan penelitian pengembang an suatu petunjuk praktikum berbasis laboratorium virtual yang dapat digunakan oleh guru dan siswa pada saat melaksanakan kegiatan praktikum. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan petunjuk praktikum yang berkualitas, mengetahui kinerja praktikum siswa dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan petunjuk praktikum fisika yang dikembangkan. Pengembangan petunjuk praktikum fisika mengg unakan model pengembang an perangkat pembelajaran 4-D. Memahami keterbatasan peneliti dari aspek waktu dan biaya maka peneliti memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D hanya sampai tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar penilaian kinerja praktikum, dan angket motivasi belajar. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic , observasi, dan angket. Data yang didapatkan adalah validasi logic , hasil observ asi kinerja praktikum siswa, dan motivasi b elajar siswa. Data hasil validasi logic yang diperoleh yaitu penilaian petunjuk p raktikum fisika berbasis laboratorium virtual sebesar 2,78 sehingga dapat dikategorikan baik dan layak digunakan. Berdasarkan data hasil uji pengembang an untuk kinerja praktikum siswa, praktikum ma ssa jenis memiliki presentase paling tinggi dan praktikum perubahan wujud zat memiliki presentase paling rendah, baik itu dari aspek kemampuan meng amati dan mencatat hasil praktikum maupun dari aspek kemampuan menginterpreta si hasil dan merumuskan kesimpulan. Praktikum Perubahan wujud zat memiliki presentase paling rendah dikarenakan pada saat praktikum siswa kurang teliti dalam mengamati perubahan wujud yang terjadi pada paraffin sehingga jika siswa kurang teliti dalam mengamati perubahan wujud pada waktu yang tela h ditentukan maka siswa akan melewati salah satu perubahan wujud dari paraff in tersebut dan siswa harus mengulangnya dari awal kembali. Secara keseluruhan kinerja praktikum siswa dengan menggunakan buku petunjuk praktikum fisika berbasi s laboratorium virtual diny atakan baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa diperoleh informasi bahwa mereka sangat senang melakukan praktikum dengan menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis laboratorium virtual, dan de ngan buku it u siswa bisa melakukan praktikum dengan lancar saat disekolah maupun dirumah. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data aspek kepuasan memiliki nilai paling besar diantara keempat aspek tersebut dikarenakan mereka berusaha sendiri dalam melaksanakan praktikum. Motivasi belajar siswa secara classical sebesar 92.45% sehingg a siswa tergolong sangat termotivasi selama praktikum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kualitas petunjuk praktikum fisika berbasis laboratorium virtual berkategori baik dan layak digunakan pada uji pengembangan di kelas, (2) Kinerja praktikum siswa berdasarkan hasil observasi pada seluruh praktikum ba ik pada aspek kemampuan mengamati dan mencatat hasil prakt ikum maupun pada aspek kemampuan menginterpretasi hasil dan merumuskan kesimpulan tergolong berkategori baik, dan (3) Motivasi belajar secara klasikal sebesar 92.45% sehingga siswa kelas VII G dikatakan sangat termotivasi selama praktikum mengg unakan buku petunjuk praktikum f isika berbasis laboratorium virtual.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18844
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository