Show simple item record

dc.contributor.authorHelmi Erfani
dc.date.accessioned2014-01-20T23:57:42Z
dc.date.available2014-01-20T23:57:42Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM080210204078
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18823
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia di SD diarahkan agar siswa terampil berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis. Keterampilan Menulis surat pribadi merupakan salah satu keterampilan menulis yang perlu diajarkan pada siswa khususnya siswa kelas V sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki sebelum mereka mempelajari surat-surat yang bersifat resmi atau dinas. Observasi awal menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran menulis surat pribadi, mengungkapkan ide, pilihan kata yang sesuai, serta kesulitan dalam penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat. Sehingga hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Pembelajaran yang tergambar di atas kurang efektif, sehingga perlu adanya perbaikan dalam kegiatan pembelajaran, yakni dengan menerapkan suatu strategi atau pendekatan yang tepat dan efektif yang dapat merangsang minat siswa dalam belajar menulis surat pribadi. Salah satu pendekatan yang dianggap sesuai adalah pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, penelitian ini mengangkat permasalahan sebagai berikut: 1) bagaimanakah prosedur penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas V SDN Kemiri 03 Panti Jember, 2) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas V SDN Kemiri 03 dalam menulis surat pribadi setelah pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) memaparkan upaya meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi melalui penerapan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SDN Kemiri 03 Panti Jember, 2) meningkatkan hasil belajar menulis surat pribadi dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa kelas V SDN Kemiri 03 Panti Jember. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SDN Kemiri 03 Kecamatan Panti Jember dengan jumlah siswa 13, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pambelajaran menulis surat pribadi melalui pendekatan kontekstual siswa kelas V SDN Kemiri 03 yang dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat mengembangkan potensi siswa dalam menulis surat pribadi secara optimal, serta memberi peluang bagi siswa untuk belajar secara aktif. Kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi setelah diterapkannya pendekatan kontekstual, dapat diketahui dengan adanya peningkatan hasil belajar dalam tiap siklus. Pada tahap Prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 3 siswa (23%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa (77%). Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa (54%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (46%). Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 77% (10 siswa), sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai 23% (3 siswa). Berdasarkan hasil penelitian ,dapat disarankan sebagai berikut. Bagi siswa, hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan dalam menulis surat pribadi melalui pendekatan kontekstual. Bagi peneliti, diharapkan dapat bermanfaat sebagai masukan pengetahuan serta dapat menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya sekolah dasar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204078;
dc.subjectKemampuan Menulis Suraten_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V SDN Kemiri 03 Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2010/2011,en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record