Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V SDN Kemiri 03 Kecamatan Panti Jember Tahun Pelajaran 2010/2011,
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di SD diarahkan agar siswa terampil
berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis. Keterampilan Menulis surat pribadi
merupakan salah satu keterampilan menulis yang perlu diajarkan pada siswa
khususnya siswa kelas V sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki sebelum
mereka mempelajari surat-surat yang bersifat resmi atau dinas.
Observasi awal menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam
memahami materi pembelajaran menulis surat pribadi, mengungkapkan ide, pilihan
kata yang sesuai, serta kesulitan dalam penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat.
Sehingga hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan belajar.
Pembelajaran yang tergambar di atas kurang efektif, sehingga perlu adanya
perbaikan dalam kegiatan pembelajaran, yakni dengan menerapkan suatu strategi atau
pendekatan yang tepat dan efektif yang dapat merangsang minat siswa dalam belajar
menulis surat pribadi. Salah satu pendekatan yang dianggap sesuai adalah pendekatan
kontekstual. Pendekatan kontekstual merupakan salah satu strategi pembelajaran yang
dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa.
Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, penelitian ini mengangkat
permasalahan sebagai berikut: 1) bagaimanakah prosedur penerapan pendekatan
kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas
V SDN Kemiri 03 Panti Jember, 2) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas V SDN
Kemiri 03 dalam menulis surat pribadi setelah pembelajaran dengan pendekatan
kontekstual. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) memaparkan upaya
meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi melalui penerapan pendekatan
kontekstual pada siswa kelas V SDN Kemiri 03 Panti Jember, 2) meningkatkan hasil
belajar menulis surat pribadi dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa
kelas V SDN Kemiri 03 Panti Jember.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Penelitian dilakukan di SDN Kemiri 03 Kecamatan Panti Jember dengan
jumlah siswa 13, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pambelajaran menulis surat
pribadi melalui pendekatan kontekstual siswa kelas V SDN Kemiri 03 yang
dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat
pribadi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat mengembangkan potensi siswa
dalam menulis surat pribadi secara optimal, serta memberi peluang bagi siswa untuk
belajar secara aktif.
Kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi setelah diterapkannya
pendekatan kontekstual, dapat diketahui dengan adanya peningkatan hasil belajar
dalam tiap siklus. Pada tahap Prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan belajar
sebanyak 3 siswa (23%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa
(77%). Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa
(54%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (46%). Pada siklus II
ketuntasan belajar siswa mencapai 77% (10 siswa), sedangkan siswa yang tidak
tuntas mencapai 23% (3 siswa).
Berdasarkan hasil penelitian ,dapat disarankan sebagai berikut. Bagi siswa,
hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan
dalam menulis surat pribadi melalui pendekatan kontekstual. Bagi peneliti,
diharapkan dapat bermanfaat sebagai masukan pengetahuan serta dapat
menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya sekolah dasar.