• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPSpokok Bahasan Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Transportasi Siswa Kelas IV SDN GEBANG 03 Jember Tahun Pembelajaran 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (67)xa_1.pdf (453.4Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    Kartika Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Transportasi Siswa Kelas IV SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 “, Kartika Sari, 070210204021, 2011: 53 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Penerapan media gambar dalam pembelajaran secara keseluruhan berjalan lebih baik dan lancar. Terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran menggunakan media gambar pada pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi. permasalahan yang pertama adalah masih banyak siswa yang pasif dan bingung dikarenakan pembelajaran dengan media yang digunakan belum pernah diterapkan oleh guru kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN Gebang 03 Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Penentuan subyek penelitian yaitu di kelas IV A dengan jumlah siswa sebanyak 47 siswa. Sumber data diperoleh dari siswa kelas IV A dan guru kelas IV A. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan media gambar dan bagaimanakah peningkatan prestasi belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan media gambar. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS pada pokok bahasan perkembangan teknologi teknologi komunikasi dan transportasi melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gebang 03 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010-2011. Untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gebang 03 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa antara siklus I dan siklus II . Pada siklus I, aktivitas belajar siswa hanya 46.35% dengan kriteria sedang, dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan belajar secara klasikal hanya sebesar 50%. Pada siklus II, aktivitas dan prestasi belajar siswa meningkat dengan skor aktivitas belajar siswa sebesar 68.53% dengan kriteria aktif. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 91.66%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV A SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun ajaran 2010/2011. Saran dari penelitian ini adalah Kepada guru kelas IVA agar dapat menerapkan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai media alternatif pemecahan dalam proses pembelajaran. Kepada peneliti agar lebih memperbaiki pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan dapat menerapkannya pada pembelajaran lain. Kepada sekolah agar lebih memperhatikan pembelajaran yang dilakukan di kelas, dan menyediakan media pembelajaran yang memadai dan sesuai dengan pembelajaran yang akan dilakukan . Kepada FKIP khususnya SI PGSD agar lebih memotivasi mahasiswa untuk dapat menggunakan media pembelajaran yang inovatif seperti menggunakan media gambar pada penelitian ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18719
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository