Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPSpokok Bahasan Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Transportasi Siswa Kelas IV SDN GEBANG 03 Jember Tahun Pembelajaran 2010-2011
Abstract
Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi
Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Komunikasi dan
Transportasi Siswa Kelas IV SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran
2010/2011 “, Kartika Sari, 070210204021, 2011: 53 halaman; Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Jember.
Penerapan media gambar dalam pembelajaran secara keseluruhan berjalan
lebih baik dan lancar. Terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran
menggunakan media gambar pada pokok bahasan perkembangan teknologi
komunikasi dan transportasi. permasalahan yang pertama adalah masih banyak siswa
yang pasif dan bingung dikarenakan pembelajaran dengan media yang digunakan
belum pernah diterapkan oleh guru kelas.
Penelitian ini dilakukan di SDN Gebang 03 Jember Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember. Penentuan subyek penelitian yaitu di kelas IV A dengan jumlah
siswa sebanyak 47 siswa. Sumber data diperoleh dari siswa kelas IV A dan guru kelas
IV A. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari
Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning),
tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
analisis kualitatif.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan
transportasi siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember tahun ajaran 2010/2011 dengan
menggunakan media gambar dan bagaimanakah peningkatan prestasi belajar IPS
pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi siswa kelas IV
SDN Gebang 03 Jember tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan media gambar. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah Untuk
meningkatkan aktivitas belajar IPS pada pokok bahasan perkembangan teknologi
teknologi komunikasi dan transportasi melalui penggunaan media gambar pada siswa
kelas IV SDN Gebang 03 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010-2011. Untuk
meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan perkembangan teknologi
komunikasi dan transportasi melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas IV
SDN Gebang 03 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan prestasi belajar siswa antara siklus I dan siklus II . Pada siklus I,
aktivitas belajar siswa hanya 46.35% dengan kriteria sedang, dan hasil belajar siswa
rendah dengan ketuntasan belajar secara klasikal hanya sebesar 50%. Pada siklus II,
aktivitas dan prestasi belajar siswa meningkat dengan skor aktivitas belajar siswa
sebesar 68.53% dengan kriteria aktif. Peningkatan tersebut searah dengan
peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara
klasikal sebesar 91.66%.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya
peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV
A SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun ajaran 2010/2011.
Saran dari penelitian ini adalah Kepada guru kelas IVA agar dapat
menerapkan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan
dapat dijadikan sebagai media alternatif pemecahan dalam proses pembelajaran.
Kepada peneliti agar lebih memperbaiki pembelajaran dengan menggunakan media
gambar dan dapat menerapkannya pada pembelajaran lain. Kepada sekolah agar lebih
memperhatikan pembelajaran yang dilakukan di kelas, dan menyediakan media
pembelajaran yang memadai dan sesuai dengan pembelajaran yang akan dilakukan .
Kepada FKIP khususnya SI PGSD agar lebih memotivasi mahasiswa untuk dapat
menggunakan media pembelajaran yang inovatif seperti menggunakan media gambar
pada penelitian ini.