ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN PADA RUMAH MAKAN BU LANNY JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-
faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian
makanan pada Rumah Makan Bu Lanny Jember dan untuk mengetahui dan
menganalisis faktor manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi
konsumen dalam mengambil keputusan pembelian makanan pada Rumah Makan
Bu Lanny Jember. Penelitian ini termasuk jenis penelitian penjelasan (explanatory
research). Penelitian ini dilakukan pada konsumen Rumah Makan Bu Lanny
Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Rumah Makan Bu
Lanny periode Mei 2012 sampel penelitian ini ditetapkan sebesar 125 responden.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan regresi dengan
pendekatan confimatory.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pertama (F1)
dinamakan faktor fasilitas fisik tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap keputusan konsumen. Faktor kedua (F2) dinamakan faktor kenyamanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Faktor ketiga
(F3) dinamakan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan konsumen. Faktor keempat (F4) dinamakan harga produk tidak
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan konsumen. Faktor
kelima (F5) dinamakan faktor keandalan tidak berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap keputusan konsumen. Faktor keenam (F6) dinamakan faktor
keyakinan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan
konsumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada 6 faktor
terbentuk dari hasil analisis faktor dan faktor kenyamanan dan keandalan yang
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan pada Rumah
Makan Bu Lanny Jember.