ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN PADA RUMAH MAKAN BU LANNY JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-
faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian 
makanan pada Rumah Makan Bu Lanny Jember dan untuk mengetahui dan 
menganalisis  faktor  manakah  yang  paling  dominan  dalam  mempengaruhi 
konsumen dalam mengambil keputusan pembelian makanan pada Rumah Makan 
Bu Lanny Jember. Penelitian ini termasuk jenis penelitian penjelasan (explanatory 
research). Penelitian ini dilakukan pada konsumen Rumah Makan Bu Lanny 
Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Rumah Makan Bu 
Lanny periode Mei 2012 sampel penelitian ini ditetapkan sebesar 125 responden. 
Metode analisis  yang  digunakan  adalah  analisis  faktor  dan  regresi  dengan 
pendekatan confimatory.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pertama (F1) 
dinamakan faktor fasilitas fisik tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan 
terhadap keputusan konsumen. Faktor kedua (F2) dinamakan faktor kenyamanan 
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Faktor ketiga 
(F3) dinamakan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap 
keputusan  konsumen.  Faktor  keempat (F4)  dinamakan  harga  produk  tidak 
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan konsumen. Faktor 
kelima (F5) dinamakan faktor keandalan tidak berpengaruh positif dan tidak 
signifikan terhadap keputusan konsumen. Faktor keenam (F6) dinamakan faktor 
keyakinan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan 
konsumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada 6 faktor 
terbentuk dari hasil analisis faktor dan faktor kenyamanan dan keandalan yang 
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan pada Rumah 
Makan Bu Lanny Jember.