dc.description.abstract | Penelitian dengan judul “Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Perilaku
Konsumen Food Court Matahari Department Store Jember” dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui pengaruh dari variabel-variabel secara simultan maupun parsial dan juga untuk
mengetahui manakah diantara variabel-variabel bauran pemasaran tersebut yang berpengaruh
paling nyata terhadap perilaku konsumen food court Matahari Department Store Jember?
Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel selera (X
),
kebersihan (X
3
), harga (X
4
) dan lokasi (X
5
1
) dalam pengaruhnya terhadap perilaku konsumen
yang makan dan minum pada food court Matahari Department Store Jember. Variabel
penelitian diukur dengan 22 item pertanyaan yang menggunakan skala likert yang telah
dimodifikasi dengan skala 1 sampai dengan 5. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode regresi linear berganda yang sebelumnya data jawaban
responden yang telah diperoleh dinaikkan skalanya dari skala pengukuran ordinal menjadi
skala pengukuran interval dan penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 responden.
Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel-variabel X
berpengaruh nyata/signifikan terhadap perilaku konsumen yang makan dan minum opada
food court Matahari Department Store Jember. Berdasarkan uji F yang telah dilakukan
diperoleh bahwa F
yaitu 13,814 > 2,27. Selanjutnya untuk nilai R Square adalah
0,624. Hal ini berarti 62,4 persen perilaku konsumen food court Matahari Department Store
Jember dipengaruhi oleh variabel selera, pelayanan, kebersihan, harga dan lokasi dan sisanya
sekitar 37,6 persen dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar model persamaan regresi
yang dibuat. Sedangkan pengujian secara parsial (uji t) juga menunjukkan bahwa variabel
pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh nyata/signifikan terhadap perilaku konsumen (Y)
berdasarkan uji t yang telah dilakukan diperoleh nilai t
hitung
> F
tabel
untuk masing-masing variabel
lebih besar dari t
tabel
hitung
. Sedangkan variabel selera dan kebersihan tidak berpengaruh nyata
terhadap perilaku konsumen (Y) dimana berdasarkan uji t yang telah dilakukan diperoleh nilai
t
hitung
untuk masing-masing variabel lebih kecil dari t
Variabel lokasi mempunyai
pengaruh paling besar terhadap perilaku konsumen food court Matahari Department Store
Jember. | en_US |