RESPON KONSUMEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN JASA PADA HOTEL PALM BONDOWOSO
Abstract
Penelitian dengan judul “Respon Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran
Jasa Pada Hotel Palm Bondowoso” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah
respon konsumen terhadap bauran pemasaran jasa yang meliputi; variabel harga,
promosi, lokasi, pelayanan, fasilitas, orang, dan proses pada Hotel Palm
Bondowoso.
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 100
responden dengan metode accidental sampling, dimana dalam teknik ini
pengambilan sampel tidak ditetapkan terlebih dahulu, sedangkan teknik
pengukuran yang dipakai yaitu Skala Likert. Data yang diperoleh diuji validitas
dan reliabilitasnya kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif dengan alat bantu berupa tabel frekuensi dan tabel silang.
Berdasarkan hasil analisis, diperoleh respon konsumen yang ditunjukkan
oleh besarnya prosentase pada tabel silang. Besarnya prosentase untuk masingmasing
variabel yaitu rata-rata menunjukkan penilaian “ cukup baik”, yakni 35%
respon konsumen terhadap variabel harga sudah cukup baik, 39% respon
konsumen pada variabel promosi sudah cukup baik, 46% respon konsumen
terhadap variabel lokasi sudah cukup baik, 38% respon konsumen terhadap
variabel pelayanan sudah cukup baik, 42% respon konsumen terhadap variabel
fasilitas sudah cukup baik, 37% respon kosumen terhadap variabel orang sudah
cukup baik, 49% respon konsumen terhadap variabel proses sudah cukup baik.