PERANAN TOUR LEADER PADA BIRO PERJALANAN WISATA CV. BIMO KRISNO TOURS DAN TRAVEL
Abstract
Seorang Tour Leader harus paham akan tugas dan tanggung jawabnya,
sehingga dapat melaksanakan dan memberikan pelayanan yang excellent demi
kepuasan konsumen. Tour Leader sebagai pemimpin perjalanan dan sebagai
penanggung jawab, manager dan pengambil keputusan yang bersangkutan dengan
tour. Dalam suatu perjalanan wisata Tour Leader harus mempunyai kapabilitas
dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Seorang Tour Leader
sebelum mengadakan perjalanan harus mempersiapkan segala sesuatu mulai dari
kondisi bis, jalur yang harus ditempuh, karakteristik konsumen, hal-hal yang telah
disepakati (makan, minum dan hotel). Adapun pengertian Tour Leader atau
disebut juga Tour Escort Tour Escort menurut Siradjuddin (1994:4) adalah salah
satu dari sekian banyak komponen yang merupakan bagian langsung dari struktur
suatu Biro Perjalanan Wisata.
Peranan Tour Leader dalam usaha jasa Biro Perjalanan Wisata CV.
Bimo Krisno Tour & Leader sangatlah penting, khususnya dalam memenuhi
keinginan dan kebutuhan pasar akan pelayanan wisata yang terprogram, sehingga
mampu meningkatkan citra positif perusahaan di mata masyarakat.
Tujuan Tour Leader dalam usaha jasa Biro Perjalanan Wisata CV. Bimo
Krisno Tour & Leader adalah sebagai aktor utama dalam hubungan antara
perusahaan Biro Perjalanan Wisata dengan konsumen, yang dilakukan oleh pihak
perusahaan Biro Perjalanan Wisata dalam menangani suatu perjalanan wisata
yang membantu dan memenuhi kebutuhan serta memberikan pelayanan bagi
konsumen yang dilakukan dari tempat kediamannya tanpa menetap di tempat
yang didatanginya dengan berbagai alasan yang berbeda-beda dan mempunyai
tujuan hanya untuk sementara.
Analisis SWOT di kategorikan dalam dua analisis, yaitu analisis internal
perusahaan mengindentifikasikan kekuatan (Streghts) dan kelemahan (Weakness),
sedangkan analisis eksternal perusahaan menidentifikasikan peluang
(Opportunity), dan ancaman (Threats).
Hasil analisis SWOT didapatkan bahwa kekuatan dan peluang harus
dikembangkan secara terus-menerus agar dapat menutupi kelemahan dan dapat
menghadapi ancaman baik dari dalam maupun dari luar.