PENGARUH STRUKTURAL KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PT. BANK TABUNGAN NEGARA CABANG JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan terhadap
kepuasan nasabah, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah,
pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yang bertujuan
menjelaskan hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya dan
juga penelitian konfirmatori (confirmatory research) karena tujuannya
menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Metode
penelitian menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM)
dengan menggunakan program Amos (Analysis Of Moment Structure). Penelitian
ini merupakan penelitian empirik dengan data primer (purposive sampling) dan
pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 104
orang responden pengguna produk dan jasa tabungan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji validitas dan reliabilitas
pada konstruk kualitas layanan sebesar 0,762, konstruk kepuasan nasabah sebesar
0,75 dan konstruk loyalitas nasabah 0,62 yang artinya semua variabel secara
signifikan berhubungan dengan konstruk. Uji Asumsi SEM yang terdiri dari uji
normalitas, outlier dan multikolinearitas menunjukkan tidak ada penyimpangan.
Setelah melakukan analisis SEM yang terdiri dari uji kesesuaian model
dan uji kausalitas maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 dapat diterima yaitu
kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah.
Hipotesis 2 diterima yaitu kualitas layanan berpengaruh dan positif terhadap
loyalitas nasabah. Hipotesis 3 diterima dengan hubungan positif dimana kepuasan
nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.