EVALUASI KINERJA PEMASARAN PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) JEMBER PERIODE TAHUN 2005 -2007
Abstract
Perkembangan tekhnologi yang semakin modern mendorong semakin
besarnya dunia usaha, tetapi disisi lain juga menimbulkan persaingan yang ketat
diantara perusahaan yang ada. Untuk mengatasi persaingan usaha yang semakin ketat
tersebut, maka setiap perusahaan harus benar-benar memperhatikan kondisi
pemasarannya. Untuk menciptakan kondisi pemasaran yang baik maka setiap
perusahaan perlu meningkatkan kinerja pemasarannya serta melakukan efisiensi dan
efektivitas dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Salah satu cara untuk menilai
dan mengetahui kinerja pemasaran perusahaan adalah dengan melakukan analisis
terhadap kondisi pemasaran suatu perusahaan yang tercermin dalam pengendalian
rencana tahunan, pengendalian profitabilitas, pengendalian efisiensi dan pengendalian
strategis. Penilaian terhadap perkembangan kinerja pemasaran adalah sangatlah
penting untuk melihat sejauh mana hasil yang diperoleh dalam menjalankan kegiatan
usahanya yang telah berlalu, apakah mengalami peningkatan atau sebaliknya justru
mengalami penurunan.