PERANAN BAHASA INGGRIS PADA PELAYANAN NASABAH ASING DI BANK NEGARA INDONESIA 46 CABANG JEMBER
Abstract
Penggunaan bahasa Inggris tidak hanya sebatas untuk berbicara, tetapi
lebih jauh, bahasa Inggris harus juga dipahami oleh para pegawai bank. Hal ini
karena adanya beberapa istilah dalam instansi perbankan yang menggunakan kata
asing terutama bahasa Inggris. Penggunaan istilah ini tidak mungkin digantikan
dengan istilah bahasa Indonesia, kerena bahasa Inggris merupakan bahasa
Internasional.
Tujuan dilaksanakannya Praktek Kerja Nyata (PKN) di PT. Bank Negara
Indonesia 46 (BNI 46) cabang Jember, yaitu untuk menambah wawasan dan
pengalaman dalam dunia perbankan, untuk dapat mengaplikasikan teori yang ada
di bangku perkuliahan, untuk mengetahui secara langsung proses kegiatan yang
dilakukan dalam dunia perbankan, agar mahasiswa memahami sejauh mana
peranan bahasa inggris dalam dunia perbankan.
Proses pelaksanaan PKN di PT. BNI 46 cabang Jember adalah dengan cara
penelitian dalam proses kegiatan yang dilaksanakan pada PT. BNI 46 cabang
Jember. Cara yang dilakukan dalam proses penelitian adalah dengan
memperhatikan dan ikut melaksanakan kegiatan yang dilakukan dalam dunia
perbankan yang meliputi melakukan Administrasi Kepegawaian, melakukan
Administrasi Data PT. BNI 46 cabang Jember, melakukan Administrasi data
Nasabah PT. BNI 46 Cabang Jember, melakukan Rekap Nilai Pegawai.
Hasil penetian dalam pelaksanaan PKN, yaitu kegiatan yang dilakukan
pada saat PKN, peranan bahasa Inggris terhadap Pelayanan Nasabah Asing
(Customer Service), kendala-Kendala dan Solusi Penggunaan Bahasa Inggris,
istilah/Kosa Kata Perbankan dalam Bahasa Inggris.
ix
Kesimpulan yang di dapat dalam melaksanakan PKN, yaitu mengacu pada
kemampuan karyawan PT. BNI 46 cabang Jember dalam penguasaan bahasa asing
terutama bahasa Inggris berikut istilah-istilahnya yang sering dipakai pada saat
transaksi perbankan. Selain itu PT. BNI 46 cabang Jember memiliki nasabah atau
calon nasabah dalam jumlah besar. PT. BNI 46 cabang Jember memiliki
kredibilitas tinggi, seiring dengan tingginya jumlah nasabah yang menaruh
kepercayaannya dalam menginvestasikan modal.
Dengan demikian, mengingat karyawan bank sering mengalami kesulitan
dalam berbahasa Inggris sebagai alat komunikasi dengan nasabah asing, untuk itu
diperlukan kemampuan komunikasi berbahasa Inggris dalam hal pelayanan oleh
karyawan PT. BNI 46 cabang Jember. Hal ini sebagai sarana untuk meningkatkan
kredibilitas sekaligus penunjang dalam profesionalisme kerja bank yang
bersangkutan.
x
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id