• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA STANDAR PROSES PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TANGGUL TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (39)-_1.pdf (515.5Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    DINI ANDRIANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Standar Proses merupakan standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 1). Perubahan Kurikulum Berbasis Kompetensi menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sendiri belum dapat dijalankan sepenuhnya oleh pihak sekolah. Namun semua pihak di sekolah telah mengetahui perubahan ini, siswa juga menjadi elemen sekolah yang mengetahui perubahan ini, siswa mendengar perubahan ini baik secara langsung dari kepala sekolah pada saat acara resmi sekolah dan dari guru, sehubungan dengan siswa telah mendengar pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan untuk mengetahui pendapat siswa tentang standar proses yang mengacu pada ketentuan normatif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dilakukan oleh guru, maka penelitian ini dilakukan. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas XI IPS 1 dan IX IPS 2 menunjukan guru dapat melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yaitu standar proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi siswa pada standar proses pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tanggul tahun ajaran 2009/2010. Jenis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi angket, wawancara dan dokumentasi. Jumlah responden adalah 74 siswa yang pengambilannya menggunakan simple random sampling sedangkan analisis data menggunakan tekhnik analisis regresi linier sederhana, analisis varian garis regresi, uji f dan efektifitas regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable persepsi siswa pada standar proses pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji f, dimana perolehan perhitungan f vii hitung > f tabel yaitu (41,987> 4,08) dengan signifikansi 0,000. Nilai koefisien korelasi R sebesar 0,716 yang berarti bahwa persepsi siswa memiliki hubungan yang nyata dengan hasil belajar siswa sebesar 71,6% berarti tingkat hubungan variabel X dan variabel Y sangat kuat. Koefisien determinasi (R ) sebesar 0,512 yang berarti bahwa variable persepsi siswa pada standar proses pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 51,2%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18138
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository