ANALISIS PEGARUH VARIABEL-VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERILAKU PERPINDAHAN MEREK MELALUI KETIDAKPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA BLACKBERRY DIKALANGAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Telephone genggam (handphone) atau telepon seluler saat ini sudah
menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dimana kepemilikannya tidak hanya
didasarkan fungsi utama handphone sebagai alat komunikasi, tetapi fitur
tambahan serta desain produk juga menjadi dasar pertimbangan dalam
memutuskan memilih jenis atau merek produk. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
adanya penurunan market share Blackberry pada kwartal kedua 2012 setelah
diluncurkannya handphone berbasis smarthphone lainnya. Hal ini
mengindikasikan terjadinya fenomena beralihnya pengguna Blackberry ke
smartphone merek lain atau yang sering kita sebut brand switching. Oleh sebab itu
kita perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen melakukan
brand switching. Penelitian ini berfokus pada analisis besarnya pengaruh bauran
pemasaran terhadap perilaku perpindahan merek melalui ketidakpuasan pengguna
blackberry.
Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research).
Populasi dari penelitian ini Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas
Ekonomi Universitas Jember. Dengan jumlah populasi yang dijadikan dasar
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah 701 Mahasiswa Program Studi
Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember yang diambil mulai angkatan
2009 sampai dengan 2011. Sampel yang terpilih sebanyak 120 responden dengan
metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling . Metode
analisis data menggunakan yang digunakan adalah analisis jalur (analisis path).
Path analysis merupakan bagian dari analisis regresi dan digunakan untuk
menganalisis hubungan kausal antara variable-variabel bebas terhadap variable
terikat. Dengan melakukan perhitungan-perhitungan menurut metode penelitian
kuantitatif dengan menggunakan software SPSS 15.0 for windows.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa bauran pemasaran
meliputi produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh signifikan terhadap
ketidakpuasan pelanggan serta perilaku perpindahan merek pada pengguna
blackberry. Hal ini mengindikasikan jika bauran pemasaran meliputi produk,
harga, promosi, dan tempat semakin buruk maka akan meningkatkan
ketidakpuasan konsumen sehingga akan mengakibatkan semakin tingginya tingkat
perpindahan merek atau brand switching pada pengguna blackberry.