Show simple item record

dc.contributor.authorAry Wibowo
dc.date.accessioned2014-01-20T02:09:55Z
dc.date.available2014-01-20T02:09:55Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210302028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18059
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 26 Desember 2011- 22 April 2012 yang dilakukan di SMA Negeri 1 Paiton, dapat diketahui pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Paiton, kelas XI IPS masih belum mencapai hasil yang memuaskan, hal ini dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang belum maksimal dan bervariasi sehingga aktivitas belajar siswa rendah dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Dari latar belakang tersebut dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu ”Apakah penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Paiton tahun pelajaran 2011/2012” Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri paiton dengan menerapkan metode sosiodrama pada pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Paiton dengan menggunakan metode sosiodrama. (2) Untuk mengkaji proses pembelajaran menggunakan metode sosiodrama pada mata pelajaran sejarah. (3) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran menggunakan metode sosiodrama, aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Paiton tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah “penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan secara kualitatif dan kuantitatif data hasil penelitian ini yaitu aktivitas belajar untuk menegetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan Siklus II. Proses belajar yang baik adalah proses pembelajaran yang membentuk suatu interaksi timbal balik antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Disamping itu diharapkan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas menjadi suatu kegiatan yang menarik bagi siswa sehingga aktivitas belajar siswa tidak membosankan. Penerapan metode sosiodrama dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran dapat dikatakan kurang baik berdasarkan data hasil observasi yang menunjukkan nilai aktivitas belajar siswa dengan metode ceramah dan tanya jawab diperoleh nilai aktivitas yaitu 63,8, pada siklus 1 aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat aktif ditunjukkan dengan nilai aktivitas belajar siswa berdasarkan beberapa aspek yaitu mendengarkan uraian (penjelasan dari guru), menulis kerangka cerita, bermain peran, dan menanggapi setelah drama dilakukan dengan rata-rata nilai aktivitas 81. Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan kategori aktivitas belajar adalah sangat aktif yaitu 84,2 dari rata-rata nilai aspek-aspek aktivitas belajar yang telah ditentukan, Sehingga dapat dikatakan telah mengalami peningkatan yang signifikan yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai aktivitas dari sebelum tindakan sampai pelaksanaan siklus dengan menggunakan metode sosiodrama. Jadi pada penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Paiton semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Sedangkan saran yang diajukan untuk penelitian ini yaitu; bagi peningkatan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Paiton dapat menjadi inspirasi untuk efektifitas pembelajaran sejarah, bagi guru metode sosiodrama dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan keatifan dan kreativitas siswa, dan bagi peneliti sendiri dapat dijadikan bekal untuk menetapkan diri sebagai calon guru sejarah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210302028;
dc.subjectMETODE SOSIODRAMAen_US
dc.titlePENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PAITON TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record