Show simple item record

dc.contributor.authorAry Dwi Wicaksono
dc.date.accessioned2014-01-20T01:52:30Z
dc.date.available2014-01-20T01:52:30Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070910291037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18020
dc.description.abstractTuntutan terhadap perbaikan pelayanan sektor publik dimasa datang akan semakin tinggi mengingat dalam era demokrasi dan kemajuan teknologi informasi ini masyarakat akan semakin cerdas, mudah memperoleh informasi dan semakin banyak tuntutannya. Oleh karena itu, perbaikan kinerja pelayanan publik perlu terus dikembangkan dan disesuaikan dengan tuntutan yang berkembang dimasyarakat. Penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik memegang peranan yang cukup penting dalam hal inovasi atau perbaikan kinerja pelayanan publik apakah sudah sesuai dengan harapan masyarakat. Penilaian kinerja organisasi pelayanan publik terdiri dari: dimensi efisiensi, efektivitas, keadilan, dan daya tanggap. Kemudian salah satu jenis pelayanan publik kepada masyarakat adalah pelayanan administrasi kependudukan. Beberapa jenis layanan sektor administrasi kependudukan penulis memilih meneliti kinerja pelayanan pembuatan akta kelahiran, hal ini dikarenakan dari beberapa jenis layanan tersebut diketahui bahwa di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang masyarakat lebih banyak menggunakan jenis pelayanan pembuatan akta kelahiran daripada jenis pelayanan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kinerja pelayanan publik dalam pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang . Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sudah melakukan pembuatan akta kelahiran. Penentuan sampel, dilakukan dengan insidental. Teknik pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, kemudian di analisis secara interaktif dengan menggunakan skala likert, kategori interval, penyajian data berupa tabel dengan perhitungan statistik deskriptif yaitu mean dan modus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada kinerja pelayanan publik dalam pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang diperoleh hasil perhitungan mean variabel sebesar 4.19 sehingga dalam interval kategori penilaian kinerja pelayanan publik dapat dikatakan baik. Kemudian untuk perhitungan modus berdasarkan keseluruhan item pertanyaan dari keempat dimensi kinerja pelayanan publik yaitu efisiensi, efektivutas, keadilan daya tanggap secara bervariasi pada skor 3, 4, dan 5 artinya sebagian besar masyarakat menilai kinerja pelayan publik pembuatan akta kelahiran yang dilakukan oleh pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang dengan kriteria cukup baik, baik dan sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910291037;
dc.subjectPELAYANAN PUBLIKen_US
dc.titleKINERJA PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN BERDASARKAN KEPUTUSAN BUPATI NOMOR: 188.45/330/427.12/2011 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LUMAJANG (Suatu Studi Tentang Pembebasan Denda Penerbitan Akta Kelahiran)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record