KINERJA PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN BERDASARKAN KEPUTUSAN BUPATI NOMOR: 188.45/330/427.12/2011 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LUMAJANG (Suatu Studi Tentang Pembebasan Denda Penerbitan Akta Kelahiran)
Abstract
Tuntutan terhadap perbaikan pelayanan sektor publik dimasa datang akan
semakin tinggi mengingat dalam era demokrasi dan kemajuan teknologi informasi ini
masyarakat akan semakin cerdas, mudah memperoleh informasi dan semakin banyak
tuntutannya. Oleh karena itu, perbaikan kinerja pelayanan publik perlu terus
dikembangkan dan disesuaikan dengan tuntutan yang berkembang dimasyarakat.
Penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik memegang peranan yang
cukup penting dalam hal inovasi atau perbaikan kinerja pelayanan publik apakah
sudah sesuai dengan harapan masyarakat. Penilaian kinerja organisasi pelayanan
publik terdiri dari: dimensi efisiensi, efektivitas, keadilan, dan daya tanggap.
Kemudian salah satu jenis pelayanan publik kepada masyarakat adalah pelayanan
administrasi kependudukan. Beberapa jenis layanan sektor administrasi
kependudukan penulis memilih meneliti kinerja pelayanan pembuatan akta kelahiran,
hal ini dikarenakan dari beberapa jenis layanan tersebut diketahui bahwa di Dinas
Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang masyarakat lebih banyak
menggunakan jenis pelayanan pembuatan akta kelahiran daripada jenis pelayanan
lainnya.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kinerja pelayanan publik dalam
pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Lumajang . Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sudah
melakukan pembuatan akta kelahiran. Penentuan sampel, dilakukan dengan
insidental. Teknik pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner,
observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, kemudian di analisis
secara interaktif dengan menggunakan skala likert, kategori interval, penyajian data
berupa tabel dengan perhitungan statistik deskriptif yaitu mean dan modus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada kinerja pelayanan publik dalam
pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Lumajang diperoleh hasil perhitungan mean variabel sebesar 4.19 sehingga dalam
interval kategori penilaian kinerja pelayanan publik dapat dikatakan baik. Kemudian
untuk perhitungan modus berdasarkan keseluruhan item pertanyaan dari keempat
dimensi kinerja pelayanan publik yaitu efisiensi, efektivutas, keadilan daya tanggap
secara bervariasi pada skor 3, 4, dan 5 artinya sebagian besar masyarakat menilai
kinerja pelayan publik pembuatan akta kelahiran yang dilakukan oleh pegawai Dinas
Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang dengan kriteria cukup
baik, baik dan sangat baik.