PENGARUH IKLAN SABUN CUCI PIRING SUNLIGHT DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN PATRANG
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan yang terdiri dari isi
iklan, format iklan, dan frekuensi iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Sedangkan, variabel struktur iklan dan sumber iklan tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil penelitian tersebut dapat
dijelaskan bahwa apabila persepsi konsumen akan isi iklan, format iklan, dan
frekuensi iklan meningkat maka akan meningkatkan keputusan pembelian
konsumen, dan apabila sebaliknya, persepsi konsumen akan isi iklan, format
iklan, dan frekuensi iklan menurun maka akan menurunkan keputusan pembelian
konsumen akan produk tersebut. Tetapi tidak begitu hal-nya dengan variabel
struktur iklan dan sumber iklan, apabila persepsi konsumen akan struktur iklan
dan sumber iklan meningkat maka tidak akan berpengaruh terhadap peningkatan
keputusan pembelian konsumen, dan apabila persepsi konsumen menurun maka
tidak akan berpengaruh terhadap penurunan keputusan pembelian konsumen
terhadap produk tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari kelima faktor
yang diduga berpengaruh signifikan hanya tiga yang dapat diterima (berpengaruh
signifikan) dan dua di tolak (tidak berpengaruh signifikan).