• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL KERUCUT PENGALAMAN EDGAR DALE DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VII SEMESTER 1 POKOK BAHASAN GAYA DAN PERCEPATAN DI SMPN 2 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-titisvidya-459-titisvi-a_1.pdf (35.75Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    Titis Vidya Nurina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses belajar harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif yang dilalui siswa. Sedangkan seorang anak yang berumur 8 sampai dengan 14 tahun berada pada tingkat operasional konkrit, dimana proses belajar mengajar baiknya dimulai dari sesuatu yang sifatnya konkrit dan akhirnya menuju sesuatu yang sifatnya abstrak. Berdasarkan hal diatas maka disusunlah sebuah penelitian yang berkaitan dengan proses belajar dan tingkat perkembangan kognitif siswa menggunakan Kerucut Pengalaman Edgar Dale (Dales Cone of Experience) yang digabungkan dengan pembelajaran atau setting kelas kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Arjasa mulai tanggal 13 November sampai dengan 24 November 2006. kelima kelas tersebut diadakan uji homogenitas untuk mengetahui kemampuan awal siswa kemudian dipilihlah 2 kelas yang mendapat perlakuan yang berbeda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data digunakan: 1) Uji ttes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara Model Kerucut Pengalaman Edgar Dale dengan Pendekatan Kooperatif dan pembelajaran konvensional; 2) Uji efektifiotas untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Model Kerucut Pengalaman Edgar Dale dengan Pendekatan Kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ttes yang diperoleh sebesar thiting = 2,30 sedang ttabel = 1,99, sehingga thitung > ttabel maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan antara hasil belajar menggunakan Model Kerucut Pengalaman Edgar Dale dengan Pendekatan Kooperatif dan dengan pembelajaran konvensional. Pada uji efektifitas pembelajaran menggunakan Model Kerucut Pengalaman Edgar Dale dengan Pendekatan Kooperatif diperoleh persentase 77,38%, angka ini masuk dalam kategori sangat efektif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah: 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan Model Kerucut Pengalaman Edgar Dale dengan Pendekatan Kooperatif dan dengan pembelajaran konvensional; 2) Model Kerucut Pengalaman Edgar Dale dengan Pendekatan Kooperatif sangat efektif dalam pembelajaran fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18006
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository