dc.description.abstract | Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif apabila seorang guru
bisa menggunakan metode-metode yang bervariatif utamanya pada media
pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penggunaan media
gambar dapat meningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV SDN Mangli 01
Kabupaten Jember. Berdasarkan rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS SDN Mangli 01 disebabkan oleh beberapa faktor yaitu; metode pembelajaran yang kurang tepat dan masih belum efektif, penggunaan media pembelajaran yang sangat terbatas, dan masih belum efektif. Salah satu cara untuk memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS, guru harus berperan aktif dalam menciptakan metode-metode yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian tindakan kelas adalah suatu penlidikan atau kajian secara sistematis dn terencana yang dilakukan oleh peneliti atau praktisi (guru)
Hasil dan Pembahasan berdasarkan hasil penelitia dilakukan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan media
gambar mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi
pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011.
Pengambilan data dilaksanakan di SDN Mangli 01 Jember pada tanggal 24 Mei 2011
sampai tanggal 26 Mei 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah
siswa 49, terdiri atas 32 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul berupa analisis jawaban siswa pada tes
akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas
IV. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu aktivitas belajar
siswa 54%, aktivitas kelompok 63%, dan hasil tes formatif I 65%. Sedangkan
ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 40%. Hasil persentase ketuntasan belajar
siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu aktivitas belajar
siswa 93%, aktivitas kelompok 88%, dan hasil tes formatif II 83%. Sedangkan
ketumtasan klasikal pada siklus II mencapai 85%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi siswa kelas IV SDN Mangli 01 Jember berjalan dengan baik dan mendapatkan renspon positif dari siswa maupun guru. (2) pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II sehingga pembelajaran dianggap telah mencapai SKM yang ditentukan oleh sekolah.
Saran Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada beberapa saran yang perlu dipertimbangkan: Bagi kepalah sekolah, dapat dijadikan gambaran untuk mengambil kebijakan terhadap penggunaan media pembelajaran. Bagi guru, penggunaan media gambar dapat dijadikan sebagai alternatif. | en_US |