MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) POKOK BAHASAN UANG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TEMPEL PADA SEMESTER GENAP DI SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif apabila seorang guru 
bisa  menggunakan  metode-metode  yang  bervariatif  utamanya  pada  media 
pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penggunaan media 
gambar  dapat  meningkatan  hasil  belajar  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan 
perkembangan  teknologi  transportasi  pada  siswa  kelas  IV  SDN  Mangli 01 
Kabupaten Jember. Berdasarkan rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS SDN Mangli 01 disebabkan oleh beberapa faktor yaitu; metode pembelajaran yang kurang tepat dan masih belum efektif, penggunaan media pembelajaran yang sangat terbatas, dan masih belum efektif. Salah satu cara untuk memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS, guru harus berperan aktif dalam menciptakan metode-metode yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar. 
Adapun  rumusan  masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  Bagaimanakah peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian tindakan kelas adalah suatu penlidikan atau kajian secara sistematis dn terencana yang dilakukan oleh peneliti atau praktisi (guru) 
Hasil  dan  Pembahasan  berdasarkan  hasil  penelitia  dilakukan  untuk 
meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan media 
gambar mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi 
pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. 
Pengambilan data dilaksanakan di SDN Mangli 01 Jember pada tanggal 24 Mei 2011 
sampai tanggal 26 Mei 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 
siswa 49, terdiri atas 32 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini 
menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi, wawancara, 
dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul berupa analisis jawaban siswa pada tes 
akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas 
IV. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu aktivitas belajar 
siswa 54%, aktivitas kelompok 63%, dan hasil tes formatif I 65%. Sedangkan 
ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 40%. Hasil persentase ketuntasan belajar 
siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu aktivitas belajar 
siswa 93%, aktivitas kelompok 88%, dan hasil tes formatif II 83%. Sedangkan 
ketumtasan klasikal pada siklus II mencapai 85%. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi siswa kelas IV SDN Mangli 01 Jember berjalan dengan baik dan mendapatkan renspon positif dari siswa maupun guru. (2) pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II sehingga pembelajaran dianggap telah mencapai SKM yang ditentukan oleh sekolah. 
Saran  Berdasarkan  kesimpulan  yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  ada beberapa saran yang perlu dipertimbangkan: Bagi   kepalah sekolah, dapat dijadikan gambaran untuk mengambil kebijakan terhadap penggunaan media pembelajaran. Bagi guru, penggunaan media gambar dapat dijadikan sebagai alternatif.
