• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS II SDN KEBONSARI 01 DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR SERI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (169)xx_1.pdf (859.0Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    ARNIYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Penelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan menunjukkan bahwa siswa SDN Kebonsari 01 dalam kemampuan bercerita masih sangat rendah. Sebanyak 10 siswa atau sebesar 50% dari 48 siswa belum mencapai ketuntasan. Permasalahannya antara lain: siswa masih malu-malu untuk menyampaikan pikiran,gagasan dan perasaan mereka, siswa masih kurang berekspresi dalam bercerita, guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, guru hanya sekedar menyuruh siswa membut cerita kemudian menceritakan bersama-sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media kartu gambar seri yang dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas II SD Negeri Kebonsari 01 Jember dan bagaimanakah peningkatan kemampuan bercerita siswa kelas II SDN Kebonsari 01 setelah menggunakan media kartu gambar seri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilakukan di SDN Kebonsari 01 Jember. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II SDN Kebonsari 01 Jember tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 48 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan media kartu gambar seri dalam pembelajaran bercerita, nilai bercerita siswa meningkat menjadi 27 % pada siklus I Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pertama penggunaan media kartu gambar seri dalam pembelajaran bercerita dimulai dengan mendemonstrasikan atau menjelaskan apa itu bercerita dilanjutkan dengan guru mendemonstrasikan atau memberikan contoh gambar seri stelah itu siswa menceritakn gambar seri secara runtu dengan bahasa sendiri tapi sebelum siswa bercerita kedepan, siswa berlatih bercerita dengan teman sebangkunya. Kemampuan bercerita siswa mengalami peningkatan setelah digunakannya media kartu gambar seri. Saran bagi guru kelas II, jika dalam pembelajaran keterampilan bercerita menggunakan media kartu gambar seri hendaknya menyiapkan materi dan alokasi waktu secermat mungkin.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17775
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository