dc.description.abstract | Pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang memfokuskan pada
pemberian pengalaman langsung agar siswa mampu memahami alam sekitar secara
ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA bertujuan agar siswa memahami/
menguasai konsep-konsep IPA dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan
metode ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya, sehingga lebih
menyadari kebesaran dan kekuasaan Penciptanya (Sumaji, 1998:35).
Aktivitas belajar yang rendah pada mata pelajaran IPA berdampak pada
rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model
pembelajaran yang diterapkan guru kurang membangkitkan semangat belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan kartu masalah pada mata pelajaran
IPA.
Pembelajaran kontekstual dengan media kartu masalah dapat membantu guru
dalam menerangkan materi pelajaran tersebut, isi dalam media kartu merupakan materi
dari makhluk hidup dan lingkungannya. Pembelajaran kontekstual dengan media kartu
masalah diharapkan dapat mempermudah siswa mempelajari materi tersebut dan
meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten
Jember. Penelitian dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 30. Sumber
data diperoleh dari siswa kelas IV dan guru kelas IV. Desain dari penelitian ini adalah
model spiral Hopkins dengan menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan aktivitas dan hasil belajar siswa
sangat rendah yaitu 32,21% dan 33,58%, pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan sedang yaitu 64,44% dan 61,33%, dan pada siklus II menjadi
tinggi sebesar 78,88% dan 85,66%.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan adalah terjadi
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV di SDN
Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2009/ 2010. | en_US |