• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN KARTU MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUKORAMBI 01 KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2009/ 2010

    Thumbnail
    View/Open
    c (346)c_1.pdf (473.2Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    Siti Holistiyawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang memfokuskan pada pemberian pengalaman langsung agar siswa mampu memahami alam sekitar secara ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA bertujuan agar siswa memahami/ menguasai konsep-konsep IPA dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya, sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan Penciptanya (Sumaji, 1998:35). Aktivitas belajar yang rendah pada mata pelajaran IPA berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang diterapkan guru kurang membangkitkan semangat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan kartu masalah pada mata pelajaran IPA. Pembelajaran kontekstual dengan media kartu masalah dapat membantu guru dalam menerangkan materi pelajaran tersebut, isi dalam media kartu merupakan materi dari makhluk hidup dan lingkungannya. Pembelajaran kontekstual dengan media kartu masalah diharapkan dapat mempermudah siswa mempelajari materi tersebut dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Penelitian dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 30. Sumber data diperoleh dari siswa kelas IV dan guru kelas IV. Desain dari penelitian ini adalah model spiral Hopkins dengan menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan aktivitas dan hasil belajar siswa sangat rendah yaitu 32,21% dan 33,58%, pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sedang yaitu 64,44% dan 61,33%, dan pada siklus II menjadi tinggi sebesar 78,88% dan 85,66%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV di SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2009/ 2010.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17738
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository