dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan kemampuan
membaca ekspresif puisi siswa kelas 3 SD Negeri Jubung 01 kecamatan Sukorambi
melalui metode demonstrasi. (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam
menerapkan metode demonstrasi. (3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa
setelah mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia aspek membaca ekspresif puisi
pada siswa kelas 3 SD Negeri Jubung 01.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jubung 01 kelas 3 yang berjumlah
40 siswa terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini menggunakan
Penelitian kualitatif dan jenisnya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisa data berupa observasi,
wawancara,dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis
tes individu. Pengambilan data dimulai 07 Pebruari 2011 sampai 28 Mei 2011
dengan subjek penelitian siswa kelas 3 SDN Jubung 01 Kecamatan Sukorambi
kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru,
dan tes individu. Adapun data yang telah diperoleh dari hasil tes akhir yang
dilakukan siswa, terdapat 10% siswa dengan criteria belum tuntas dan 90% siswa
tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasa belajar siswa
secara klasikal adalah 90%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
dan hasil belajar pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan
menggunakan metode demonstrasi dan sangat membantu siswa dalam meningkatkan
ketrampilan membaca ekspresif puisi, serta merangsang siswa untuk lebih berani
membaca di depan kelas | en_US |