• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA EKSPRESIF PUISI MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 3 SDN JUBUNG 01 KEC. SUKORAMBI KAB. JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    c (341)c_1.pdf (402.4Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    Siti Hamdanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan kemampuan membaca ekspresif puisi siswa kelas 3 SD Negeri Jubung 01 kecamatan Sukorambi melalui metode demonstrasi. (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam menerapkan metode demonstrasi. (3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia aspek membaca ekspresif puisi pada siswa kelas 3 SD Negeri Jubung 01. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jubung 01 kelas 3 yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenisnya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisa data berupa observasi, wawancara,dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data dimulai 07 Pebruari 2011 sampai 28 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas 3 SDN Jubung 01 Kecamatan Sukorambi kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Adapun data yang telah diperoleh dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 10% siswa dengan criteria belum tuntas dan 90% siswa tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasa belajar siswa secara klasikal adalah 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode demonstrasi dan sangat membantu siswa dalam meningkatkan ketrampilan membaca ekspresif puisi, serta merangsang siswa untuk lebih berani membaca di depan kelas
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17720
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository