PENINGKATAN PELAYANAN RESTORAN SEBAGAI BAGIAN UTAMA DALAM DEPARTEMEN FOOD AND BEVERAGE SERVICE PADA PANORAMA HOTEL DAN RESTORAN JEMBER
Abstract
Dalam dunia pariwisata sangat diperlukan sarana dan prasarana yang sangat
dibutuhkan, yang memadai untuk jalannya dunia pariwisata. Salah satu sarana yang
dibutuhkan adalah sarana akomodasi, yaitu hotel. Hotel adalah suatu jenis akomodasi
yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa
penginapan, makan, minum serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara
komersial disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan
berikut makan dan minum.
Salah satu departemen dalam hotel adalah Food and Beverage Department
yang pelayanannya berpusat disuatu restoran merupakan salah satu penunjang yang
sangat penting bila dilihat dari keberhasilan mencapai standart suatu pelayanan dalam
sebuah hotel.
Ada beberapa dasar yang melatar belakangi mengapa penulis memilih Food
and Beverage Service sebagai tema judul laporan Praktek Kerja Nyata. Penulis
menemukan banyak sekali kendala yang terdapat pada Restoran di Panorama Jember.
Kurangnya kemampuan pramusaji dalam berbahasa Inggris dengan tamu asing
(foreigner) sehingga dalam berkomunikasi dengan tamu kurang optimal. Pramusaji
juga sering mendapatkan complaints dari tamu karena menu yang ditawarkan
kurang variatif, terutama menu buffet untuk breakfast. Selain itu Restoran Panorama
juga lamban dalam menyajikan masakan terhadap tamu hal ini disebabkan karena
kurangnya jumlah karyawan, sehingga terjadi perangkapan dalam bekerja.
Seorang pramusaji harus bisa mengenali karakter dari setiap tamu yang
datang, setiap tamu mempunyai karakter atau sifat yang berbeda-beda sehingga
menerima berbagai macam keluhan (complaints) dari para tamu jadi, dalam melayani
tamu kita harus menganggap tamu itu seperti diri kita sendiri. Apabila hal ini
dikakukan, kita akan menjadi pramusaji yang siap dalam melayani tamu dengan
seprofesional mungkin
Collections
- DP-Travel Agent [250]