Show simple item record

dc.contributor.authorSITI FADILAH
dc.date.accessioned2014-01-19T23:52:15Z
dc.date.available2014-01-19T23:52:15Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM020210101149
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17690
dc.description.abstractEbtanas yang sekarang berganti istilah menjadi Ujian Nasional (UNAS) bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional. Oleh karena itu, ujian nasional harus memiliki kualitas yang baik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah deskripsi tentang validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesulitan, dan efektifitas pilihan dari masingmasing item soal Ujian Nasional (UNAS) Matematika SMP/MTs Propinsi Jawa Tengah Tahun Ajaran 2006/2007 yang dilaksanakan pada bulan Desember sampai dengan bulan Januari di SMP N 1 Slawi, MTs N Slawi, dan SMP N3 Slawi. Langkah-langkah penelitian adalah seperti validasi soal, pengujian soal, dan analisis yang terdiri dari analisis tingkat validitas, tingkat reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pilihan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah soal UNAS Matematika SMP/MTs Propinsi Jawa Tengah Tahun Ajaran 2006/2007 tingkat validitas kriteria soal A secara umum sudah memenuhi apa yang diharapkan yaitu tingkat validitasnya baik dengan koefisian korelasi 0.62. Sedangkan tingkat validitas kriteria soal B secara umum belum memenuhi apa yang diharapkan yaitu tingkat validitasnya rendah dengan koefisien korelasi 0.27. Tingkat reliabilitas tes secara keseluruhan telah memenuhi kriteria yang diharapkan yang didapat berdasarkan hasil perhitungan koefisien reliabilitas yaitu untuk soal A sebesar 0.58 dan termasuk kategori reliabilitas cukup. Dan untuk soal B sebesar 0.54 dan termasuk kategori reliabilitas cukup. Kualitas soal UNAS Matematika SMP/MTs Propinsi Jawa Tengah tahun ajaran 2006/2007 ditinjau dari tingkat kesukaran baik soal A maupun soal B masih belum memenuhi kriteria soal yang baik karena proporsi tingkat kesukaran pada soal A adalah mudah 13.33%, sedang 83.33%, dan sukar 3.33%. Sedangkan proporsi tingkat kesukaran pada soal B adalah mudah 3.33%, sedang 86.67%, dan sukar 10%. Tingkat kesukaran soal A dan B masih belum sesuai dengan teori evaluasi pendidikan yaitu proporsi tingkat kesukaran soal mudah, sedang dan sukar adalah 27%, 46%, dan 27%. Kualitas soal UNAS Matematika SMP/MTs Propinsi Jawa Tengah tahun ajaran 2006/2007 ditinjau dari validitas kriteria pada soal A secara umum termasuk soal dengan validitas baik. Sedangkan pada soal B secara umum termasuk soal dengan validitas yang rendah meskipun terdapat beberapa soal yang tingkat validitasnya baik. Hal tersebut dikarenakan berbagai beberapa faktor diantaranya adalah adanya faktor kesiapan dan kematangan dari siswa serta faktor ketelitian siswa dalam mengerjakan soal. Butir soal UNAS Matematika SMP/MTs propinsi Jawa tengah berdasarkan kurikulum 2004 tahun ajaran 2006/2007 secara umum soal A mempunyai daya pembeda dengan kategori baik yaitu dengan indeks diskriminan 0.58. Sedangkan pada soal B mempunyai daya pembeda dengan kategori baik yaitu dengan indeks diskriminan 0.44. Efektitas pilihan pada soal A dan B dari ke-30 butir soal yang ada sebagian besar sudah baik karena hanya terdapat beberapa itam soal yang memiliki option yang tidak efektif. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210101149;
dc.subjectUJIAN NASIONALen_US
dc.titleANALISIS KARAKTERISTIK BUTIR SOAL UNAS (UJIAN NASIONAL) MATEMATIKA SMP/MTs PROPINSI JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2006/2007en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record