ANALISIS KARAKTERISTIK BUTIR SOAL UNAS (UJIAN NASIONAL) MATEMATIKA SMP/MTs PROPINSI JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2006/2007
Abstract
Ebtanas yang sekarang berganti istilah menjadi Ujian Nasional (UNAS)
bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional. Oleh karena
itu, ujian nasional harus memiliki kualitas yang baik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah deskripsi tentang validitas,
reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesulitan, dan efektifitas pilihan dari masingmasing
item soal Ujian Nasional (UNAS) Matematika SMP/MTs Propinsi Jawa
Tengah Tahun Ajaran 2006/2007 yang dilaksanakan pada bulan Desember sampai
dengan bulan Januari di SMP N 1 Slawi, MTs N Slawi, dan SMP N3 Slawi.
Langkah-langkah penelitian adalah seperti validasi soal, pengujian soal, dan
analisis yang terdiri dari analisis tingkat validitas, tingkat reliabilitas, tingkat
kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pilihan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah soal UNAS Matematika
SMP/MTs Propinsi Jawa Tengah Tahun Ajaran 2006/2007 tingkat validitas kriteria
soal A secara umum sudah memenuhi apa yang diharapkan yaitu tingkat validitasnya
baik dengan koefisian korelasi 0.62. Sedangkan tingkat validitas kriteria soal B secara
umum belum memenuhi apa yang diharapkan yaitu tingkat validitasnya rendah
dengan koefisien korelasi 0.27. Tingkat reliabilitas tes secara keseluruhan telah
memenuhi kriteria yang diharapkan yang didapat berdasarkan hasil perhitungan
koefisien reliabilitas yaitu untuk soal A sebesar 0.58 dan termasuk kategori
reliabilitas cukup. Dan untuk soal B sebesar 0.54 dan termasuk kategori reliabilitas
cukup.
Kualitas soal UNAS Matematika SMP/MTs Propinsi Jawa Tengah tahun ajaran
2006/2007 ditinjau dari tingkat kesukaran baik soal A maupun soal B masih belum
memenuhi kriteria soal yang baik karena proporsi tingkat kesukaran pada soal A
adalah mudah 13.33%, sedang 83.33%, dan sukar 3.33%. Sedangkan proporsi tingkat
kesukaran pada soal B adalah mudah 3.33%, sedang 86.67%, dan sukar 10%. Tingkat
kesukaran soal A dan B masih belum sesuai dengan teori evaluasi pendidikan yaitu
proporsi tingkat kesukaran soal mudah, sedang dan sukar adalah 27%, 46%, dan 27%.
Kualitas soal UNAS Matematika SMP/MTs Propinsi Jawa Tengah tahun ajaran
2006/2007 ditinjau dari validitas kriteria pada soal A secara umum termasuk soal
dengan validitas baik. Sedangkan pada soal B secara umum termasuk soal dengan
validitas yang rendah meskipun terdapat beberapa soal yang tingkat validitasnya baik.
Hal tersebut dikarenakan berbagai beberapa faktor diantaranya adalah adanya faktor
kesiapan dan kematangan dari siswa serta faktor ketelitian siswa dalam mengerjakan
soal. Butir soal UNAS Matematika SMP/MTs propinsi Jawa tengah berdasarkan
kurikulum 2004 tahun ajaran 2006/2007 secara umum soal A mempunyai daya
pembeda dengan kategori baik yaitu dengan indeks diskriminan 0.58. Sedangkan
pada soal B mempunyai daya pembeda dengan kategori baik yaitu dengan indeks
diskriminan 0.44. Efektitas pilihan pada soal A dan B dari ke-30 butir soal yang ada
sebagian besar sudah baik karena hanya terdapat beberapa itam soal yang memiliki
option yang tidak efektif.
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Jember.