PENGARUH FAKTOR – FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA PERBANKAN SYARIAH DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor
internal antara lain motivasi rasional, biaya dan bunga, gaya hidup dan
faktor-faktor eksternal yaitu personal selling dan varian produk secara simultan
dan parsial terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa perbankan syariah
di Kabupaten Jember serta untuk menganalisis variabel yang dominan
pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa perbankan
syariah di Kabupaten Jember. Rancangan penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian explanatory yang bertujuan untuk mengetahui
pengaruh faktor-faktor internal antara lain motivasi rasional, biaya dan bunga,
gaya hidup dan faktor-faktor eksternal yaitu personal selling dan varian produk
terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa perbankan di kabupaten Jember.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor internal antara lain
motivasi rasional, biaya dan bunga, gaya hidup dan faktor-faktor eksternal yaitu
personal selling dan varian produk berpengaruh secara simultan dan parsial
terhadap keputusan konsumen dalam memilih jasa perbankan syariah di
Kabupaten Jember. Variabel yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan
konsumen dalam memilih jasa perbankan syariah di Kabupaten Jember adalah
gaya hidup.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa faktor-faktor internal dan
faktor-faktor eksternal berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap
keputusan konsumen dalam memilih jasa perbankan syariah di Kabupaten Jember.