• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN KONSEP BALANCE SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA ORGANISASI PADA PERUSAHAAN MILIK NEGARA ( Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero) Area Jember )

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-lusidianfa-11069-1-lusidia-a_1.pdf (216.5Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Lusi Dian Farina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ukuran keuangan sering kali kurang mendorong tindakan yang diperlukan untuk pengambilan keputusan pada masa datang sehingga ukuran keuangan dianggap tidak selalu relevan (Paul R.Niven, 2007:8). Untuk itu penilaian kinerja dimasa yang akan datang dapat memberikan informasi yang memandai untuk pengambilan keputusan yang berasal dari ukuran keuangan dan non keuangan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan dari ukuran keuangan dan non keuangan dengan konsep Balanced Scorecard. Balanced Scorecard digunakan untuk menilai perusahaan dari 4 perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PT. PLN (Persero) Area Jember . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran 21 kuesioner kepada karyawan , 90 kuesioner kepada pelanggan dan data gambaran umum perusahaan, serta data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2011 dan studi pustaka yang diperoleh dari buku, jurnal maupun internet. Hasil dari penelitian ini, dapat dinilai bahwa secara keseluruhan kinerja perusahaan dapat dikatakan baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Scorecard yang dihasilkan yaitu 85,5%. Kinerja perusahaan dinilai dari perpesktif keuangan yang diukur dengan menggunakan Peningkatan Pendapatan, Total Cost, ROI, Current Ratio dan Collection Periods. Pengukuran pada perspektif pelanggan dengan menggunakan ukuran kepuasan pelanggan. Pengukuran pada perspektif proses bisnis internal menggunakan proses inovasi dan operasi. Dan yang terakhir pengukuran pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dengan menggunakan tingkat kepuasan karyawan, tingat retensi karyawan, tingkat produktivitas karyawan dan Kapabilitas Sistem Informasi dapat disimpulkan bahwa kinerja perusahaan dapat dikatakan sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17646
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository